Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

24 Agustus, 2018

BERSIAP IKUTI OLIMPIADE SAINS TINGKAT DUNIA


Shata berdiri ketiga di depan berseragam berompi biru SMP 4 Cirebon
Ini kabar baru prestasi Shata Juangsa Daedo. Setelah lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional, kini siswa SMP Negeri 4 Kota Cirebon ini tengah ancang-ancang mengikuti olimpiade serupa di tingkat dunia. Sesuai jadwal, International Junior Science Olympiad (IJCO) dilaksanakan di Negara Bostwana Afrika, 2-11 Desember 2018 mendatang. 
Untuk mendapatkan tiket terbang ke Benua Afrika tersebut, Shata harus berjuang kembali. Tahap awal siswa yang hadir bersama Kepala Sekolahnya Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si ini harus menjalani pelatihan. Training Center International Junior Science Olympiad (IJCO)  digelar selama 14 haru dari 23 Agustus hingga 6 September 2018 di Hotel Oasis Amir Jakarta. Sebanyak 30 siswa terbaik bidang sains se-Indonesia hadir mengikuti seleksi dari Direktorat Pembinaan SMP Kemdikbud.

“Selama 14 hari kalian akan mengikuti pelatihan sains sekaligus sebagai ajang seleksi. Seleksi mencari 6 siswa terbaik yang akan dikirim International Junior Science Olympiad (IJCO),” jelas DR Buddy Kurniawan, salah satu pemateri di awal sesi pelatihan.  Menurutnya, pelatihan kali ini merupakan tahap I yang akan dijaring 12 siswa hingga akhirnya mengkrucut enam siswa pada pelatihan tahan II bulan berikutnya.

Selama pelatihan tahap I siswa akan diberikan materi seputar sains dari para narasumber yang berkompeten. Materi meliputi bidang Fisika, Kimia dan Biologi dari dosen-dosen sains terbaik di Indonesia. Lolos 12 besar, siswa akan dipanggil kembali pada seleksi pelatihan tahap II dua pekan kemudian. Tahap akhir seleksi akan dipilih 6 siswa terbaik yang akan mengikuti olimpiade tingkat dunia.

Dari 30 siswa sains tingkat SMP tersebut, Shata adalah satu dari dua siswa terbaik dari Jawa Barat.  Peserta paling banyak adalah siswa dari DKI Jakarta. Siswa lainnya dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Lampung, Kalimantan Timur, Jambi, Riau, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara. Good Luck Shata… (humaSpenpat)