Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

02 Agustus, 2018

BERBENAH MENUJU GREEN SCHOOL

Sebagai sekolah yang pernah meraih juara Adiwiyata, SMP Negeri 4 Kota Cirebon terus berbenah. Berbenah menata lingkungan sekolah agar tetap menjadi sekolah Adiwiyata atau pun Green School. Dua diantara upayanya adalah melakukan penanamam pohon dan pembuatan sumur bor.

Penanaman pohon sudah dilakukan pada awal tahun pelajaran baru. 352 siswa baru secara berkelompok mengumpulkan dan menanami pohon di lingkungan sekolah. Jenis tanaman itu seperti pucuk merah, palem, kembang kertas, mawar dan sebagainya.

Bersamaan dengan itu, sekolah mulai membuat sumur bor. Sumur tersebut sebagai sumber air untuk menyirami tanaman di lingkungan sekolah. Ada beberapa titik yang dipasang sumur bor. Termasuk sebelumnya tak dibuat sumur resapan dan biopori.

Sebagai sekolah yang paling luas lahannya SMP 4 sangat mungkin menjadi sekolah hijau atau Green School. Green School arti yang sesungguhnya adalah sekolah yang mengembangkan program-program lingkungan di dalam aktivitas sekolah.

Green school adalah konsep yang mengajak seluruh warga sekolah untuk membentuk gaya hidup agar lebih peduli terhadap lingkungan. Hal ini sangatlah baik karena kondisi lingkungan sekarang semakin burul, maka dari itu alangkah baiknya jika sekolah mengadakan program Green School. (HumaSpenpat)