Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

03 Agustus, 2018

SIAPKAN ABSENSI SISWA ONLINE

Jika tak ada aral melintang, SMP Negeri 4 Kota Cirebon akan menerapkan absensi siswa secara online. Dengan aplikasi berbasis android ini orangtua siswa akan mudah menerima informasi sekolah. Baik informasi tentang absensi anaknya hingga berbagai informasi tentang sekolah.

"SMP 4 ini satu dari lima sekolah yang akan menerapkan e-presensi kehadiran siswa di sekolah. Orangtua tinggal mengontrol melalui ponselnya. Sekarang kami masih berkomunikasi terus dengan pihak provider," tutur Sekretaris Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Cirebon Ma'ruf Nuryasa, AP yang dibenarkan stafnya Dodi Sholehudin.

Dodi menambahkan, pihaknya masih menunggu koordinasi dengan Dinas Pendidikan terkait penerapan absensi online. Jika sudah selesai maka dalam waktu pihaknya tinggal memanggil sekolah-sekolah sebagai pilot project untuk mengikuti sosialisasi oleh provider.

"Aplikasi ini akan memudahkan sekolah dan orangtua siswa. Mereka tinggal unduh aplikasi lewat playstore. Basis data absensi ada di setiap kelas masing-masing. Setiap ketua kelas atau pengabsen dilengkapi kartu yang sudah kami siapkan," urai Dodi.

Aplikasi e-presensi adalah satu diantara banyak kebijaka. Pemda Kota Cirebon dalam mendukung kebijakan Cirebon Smart City tersebut. Dalam perkembangannya, aplikasi berbasis website dan android ini bisa untuk penilaian dan pengumuman serta berbagai kebutuhan sekolah. (HumaSpenpat)