Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

15 Agustus, 2018

PRAMUKA BARU HARUS TAMPIL LEBIH KEREN

Memasuki usia 57 tahun, gerakan Pramuka dituntut harus lebih keren, gembira, asyik dan menyenangkan. Tuntutan ini karena Pramuka kini hidup dalam  perkembangan era komunikasi digital. Perlu rebranding Pramuka baru yang diminati kaum muda karena anggota gerakan ini dari kalangan muda. Di usianya kini, Pramuka  tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan pada awal kelahirannya.

“Sebagian besar adik-adik kita merupakan generasi cyber yang online setiap saat yang selalu update statusnya dan mengungkapkan kondisi secara realtime dalam media sosial. Pramuka baru harus keren, gembira, asyik, dan menyenangkan. Tantangan bagi para Pembina Pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi Pramuka,” tutur Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka DR. Adhyaksa Dault, SH, M.Si.


Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tersebut disampaikan oleh Aman, MA, Pembina Upacara Hari Pramuka SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Selasa 14 Agustus 2018, guru pembina Pramuka ini didaulat sebagai pembina upacara. Dengan retorika yang meledak-ledak, guru PAI ini membacakan layaknya gaya DR. Adhyaksa Dault, SH, M.Si dalam berbicara.

Menurut Adhyaksa, untuk menjadi Pramuka Baru tentu tidak mudah.  Itu semua menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai orang tua, guru dan pembina serta instruktur yang didukung oleh majelis pembimbing Gerakan Pramuka. Begitu pula para pelatih harus belajar terus menerus untuk dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date  tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

“Bangsa Indonesia tahun 2030 akan mendapatkan bonus demografi yang akan membawa dampak social ekonomi. Melimpahnya jumlah penduduk usia kerja akan menguntungkan dari sisi pembangunan sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.  Namun berkah ini dapat berbalik menjadi bencana jika bonus ini tidak dipersiapkan kedatangannya,” tuturnya.

Pramuka berkomitmen meningkatkan kualitas manusia dengan membekali pendidikan karakter dan kompetensi iptek bagi kaum muda. Membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun  kaum muda cerdas, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia. (humaSpenpat)