Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

15 Agustus, 2018

PEMBINA AJAK SISWA BERDISIPLIN DAN BERKURBAN

Apa yang menjadi sumber masalah dalam kehidupan ini ? Pertanyaan itu disampaikan oleh Deny Rochman, S.Sos., M.Pd.I dalam sambutannya sebagai pembina upacara hari Senin 13 Agustus 2018 di SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Menurut Wakasek Humas ini, muara masalah satu diantaranya karena manusia enggan untuk hidup berdisiplin.

“Apa yang menjadi sumber masalah dalam hidup? Satu diantaranya karena kita malas untuk hidup berdisiplin. Berdisiplin dalam segala hal. Baik disiplin waktu, disiplin tempat, disiplin bicara dan bersikap. Jika kita tak mampu berdisiplin maka itu akan menimbulkan masalah,” tutur guru IPS ini di atas podium upacara.


Mantan guru berprestasi tahun 2018 ini mencontohkan, kerusakan alam saat kiamat kelak karena semua komponen kehidupan sudah tidak lagi disiplin dalam bekerja. Matahari yang seharusnya terbit dari Timur dan terbenam dari Barat namun karena bekerja sebaliknya maka menjadi kerusakan alam. Begitu juga manusia, mestinya bisa berdisiplin kapan bicara dan kapan diam serta harus melakukan apa disesuaikan dengan posisi dan peran manusianya.

“Sebagai siswa kalian harus membiasakan hidup berdisiplin. Displin waktu belajar, disiplin kapan harus bicara atau diam. Jika kalian sudah terbiasa seperti itu maka kelak kalian akan terbiasa hidup berdisiplin,” ungkap pria yang akrab disapa Pak De ini.

Sementara itu, dalam upacara Senin sebelumnya guru PAI Aman, MA mengajak para siswa untuk membiasakan diri latihan qurban di sekolah. Dengan sedekah qurban guru PAI ini menyakinkan kepada seluruh siswa bahwa mereka akan mendapatkan pahala besar di sisi Allah Swt sekalipun dengan membayar uang sedikit untuk latihan berkurban. (humaSpenpat)