Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

05 Mei, 2009

UJIAN PRAKTEK LEBIH AWAL

Usai ujian nasional, para siswa kelas IX akan menghadapi ujian sekolah, kemudian dilanjutkan ujian praktek. Sesuai jadwal ujian sekolah akan dilaksanakan mulai 11 Mei 2009, sedangkan ujian praktek dimulai tanggal 16 Mei 2009. Namun demikian, beberapa mata pelajaran, seperti Kesenian, IPA dan Teknologi Informasi Komunikasi lebih awal melaksanakan ujian lebih awal.

Pelajaran Kesenian, misalnya, sejak Senin (4/5) kemarin secara bertahap sudah melaksanakan ujian praktek kelas IX. Ujian tahun ini siswa diminta membuat lukisan timbul (embos) di atas kertas logam, meniru gambar yang ada seperti kaligrafi, bunga dan sebagainya. Hal sama dilakukan pelajaran IPA dan TIK.

Menurut guru Kesenian Ibu Uum Sumiartie, ujian praktek pelajarannya lebih awal diadakan untuk efektifitas waktu pelajaran. “Soalnya kalau dilakukan sesuai jadwal ujian prakek nggak cukup. Jadi lebih baik dicicil aja per kelas sehingga bisa maksimal hasilnya,” tutur Ibu Uum disela memberikan pengawasan kepada siswa yang tengah mengerjakan lukisan embos.

Alasan yang sama disampaikan guru IPA, Bapak Wahyono dan guru TIK Deny Rochman, S.Sos. Bedanya ujian diajukan karena sarana praktek IPA dan TIK sangat terbatas, tidak seimbang dengan jumlah siswa yang ada. Maka, keduanya lebih awal dilakukan, disela jam pelajaran yang ada. Bahkan untuk praktek TIK, beberapa kelas harus mengerjakan ujian praktek di luar membuat halaman blog, menyusul laboratorium komputer masih dalam proses perbaikan pasca insiden kebakaran. (*)