Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

22 Mei, 2009

TARGET STUDY TOUR MELESET

Panitia Study Tour SMP Negeri 4 Cirebon akhirnya memutuskan untuk pemberangkatan satu gelombang pada 2-4 Juni 2009. Keputusan ini melihat siswa yang mendaftar tidak sesuai target semula, yakni untuk kelas IX minimal 150 siswa sedangkan untuk kelas VII dan VIII sekitar 200 siswa. Untuk lokasi wisata tidak berubah yaitu Bodobudur, Yogyakarta dan Purbalingga.

Humas Panitia Studi Tour Bapak Deny Rochman, S.Sos mengaku heran dengan rendahnya minta siswa mengikuti study tour. Padahal sebelumnya panitia melakukan jajap pendapat pilihan lokasi wisata yang mau dikunjungi siswa. Hasilnya 80 persen siswa menghendaki tujuan wisata ke arah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Logikanya, minimal 80 persen siswa bisa ikut study tour. Tapi nyatanya yang ikut hanya 30 persen,” ungkapnya di usai rapat koordinasi panitia study tour di ruang Perpustakaan Sekolah, Selasa (19/5).

Menurut Pak Deny, kemungkinan, sepinya siswa mendaftar karena dipengaruhi beberapa faktor. Pertama, waktu pelaksanaan pada semester kedua (genap), padahal untuk kelas IX mereka sibuk mempersiapkan keuangannya untuk kemlanjutkan sekolah tingkat atas. Kedua, tahun sebelumnya sekolah sudah mengadakan studi tour untuk kelas VII dan VIII sehingga siswa kelas IX sebagian sudah ikut tour.

Tapi yang bikin pihaknya heran, mengapa beberapa siswa lainnya justeru mau mengadakan acara sendiri. Padahal acara tour ini adalah keinginan siswa sendiri, bukan sekolah. “Lesunya program tour ini tentu saja akan mempengaruhi program akhir tahun sekolah lainnya seperti acara perpisahan sekolah,” katanya.