Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

17 Mei, 2009

LUPA WAKTU DEMI KESEJAHTERAAN GURU

Suasana ruangan guru dan tata usaha tampak sibuk, tidak seperti biasanya. Sebagian guru-guru sibuk mengisi, memberesi dan melengkapi keperluan administrasi mengajar. Bahkan pekerjaan itu dilakukan tidak mengenal waktu; pagi, siang dan malam. Karena batas waktu pengumpulan bahan administrasi guru itu diserahkan paling lambat jumat (15/5) kemarin. Untuk apa?

Demi masa depan kesejahteraan guru, mereka rela kurang tidur. Para guru tersebut mengikuti program sertifikasi guru yang diadakan pemerintah. Jika portofolio mereka berhasil lolos maka akan mendapatkan tunjangan satu kali gaji. Jadi kalau gaji guru Rp 2 juta maka guru tersebut akan mendapatkan penghasilan sebulannya Rp 4 juta.

Bagaimana yang tidak lulus? Mereka yang tidak lulus akan diikutkan pendidikan selama satu bulan pada perguruan tinggi yang ditunjuk oleh pemerintah. Setelah pendidikan itu dinyatakan lulus langsung mendapatkan tunjangan sertifikasi. Tapi sayangnya, tunjangan itu akan keluar menunggu minimal enam bulan lambatnya satu tahun.

Guru peserta sertifikasi SMP Negeri 4 Cirebon kali ini adalah untuk ketiga kalinya. Sebelumnya sudah ada sebagian guru yang lolos program sertifikasi. Namun baru gelombang pertama, yakni Pa Farhan Amien yang sudah menerima tunjangan pemerintah tersebut. Enak dong? Makanya jadi guru ...