Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

11 Mei, 2009

KOPERASI BAGI-BAGI ILMU MANAJEMEN

Siapa yang tidak kenal nama koperasi, tunjuk jari? Pasti. Seluruh pelajar di kolong jagad Indonesia mengetahui, minimal akrab dengan istilah koperasi. Tapi bagaimana cara koperasi bekerja, tidak banyak siswa yang tahu. Nah, sebanyak 30 siswa SMP Negeri 4 Cirebon, Jumat-Sabtu (8/5) kemarin, mendapatkan pengenalan manajemen koperasi.

Acara yang berjudul “Bunga Koperasi” tersebut diselenggarakan atas kerjasama sekolah setempat dengan Koperasi “Tunas Jaya” SMP Negeri 4 Cirebon. Tujuannya, agar siswa didik lebih mengenal koperasi lebih dekat dan mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan koperasi.

“Yah, kegiatan ini diadakan khusus untuk siswa. Mereka biar tahu koperasi itu apa dan bagaimana cara kerjanya. Target jangka panjangnya mereka bisa menerapkan ilmunya dalam mengelola koperasi siswa. Atau paling tidak mereka tahu untuk bekal hidupnya di masyarakat,” tutur Ketua Koperasi Tunas Jaya Bapak Wahyono disela kegiatan berlangsung.

Dalam acara bermalam itu siswa diberikan materi tentang sejarah koperasi, badan pengawas, bunga koperasi dan membuat laporan keuangan. Pembicara dari pengurus koperasi setempat seperti ibu Iis Nurdaesih, S.Pd., Bapak Dindin Sudarna, S.Pd., Bapak Ahmad Farhan Amin, S.Pd., Bapak Mustain, Bapak Atep Kosasih, S.Pd., Bapak Wahyono dan Bapak Rizal. (*)