Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

21 Mei, 2009

ACARA TALKSHOW DISAMBUT ANTUSIAS

Talkshow SMP Negeri 4 Cirebon yang disiarkan langsung Pro 2 FM RRI Cirebon mendapat sambutan yang baik dari pendengar di Cirebon, Bandung dan Bogor. Acara dialog interaktif yang digelar di halaman sekolah, Senin (18/5), itu disaksikan ratusan siswa sekolah setempat bersama guru-guru dan staf tata usaha.

Hadir sebagai pembicara adalah Kepala SMP Negeri 4 Cirebon Bapak Karnadi, S.Pd.,M.Hum, Guru Senior Bapak Arif Syarifuddin, S.Ag., Ketua OSIS Permadi dan perwakilan dua siswa sekolah dasar dari SD Karya Mulya Cirebon. Acara dipandu oleh Mba Nelly dan dibantu oleh empat siswa yaitu Della, Tifani, Ainul dan Natasha.

Tema yang diangkat dalam sesi dialog interaktif tersebut adalah SMP 4 Cirebon : Sekolah Standar Nasional Berbasis Agama. Menurut Kepala Sekolah Bapak Karnadi, perbedaan SSN Berbasis Agama dengan yang biasa terletak pada praktek keagamaan di sekolah. Sekolahnya setiap harinya membiasakan diri dengan tradisi keagamaan.

Bapak Arif Syarifuddin menjelaskan, praktek kegamaan di sekolahnya antara lain membiasakan membaca lima ayat al Qur’an sebelum dan sesudah belajar, sholat berjamaah di sekolah dan sholat dhuha. “Setiap hari jumat, siswa di sini juga membaca Surat Yassin secara massal. Ini untuk pembelajaran siswa karena sebelum lulus sekolah mereka harus diuji hafalan surat ini, “ tutur Pak Arif.

Hal lainnya adalah siswa membiasakan untuk bersalaman dan menebar salam setiap kali bertemu warga sekolah. Memeriahkan kegiatan keagamaan setiap hari besar nasional. “Yang menarik, siswi disini semuanya pakai jilbab setiap sekolah. Siswa puteranya memakai celana panjang,” ujar Pak Arif, yang dianggap tokoh islamisasi SMP Negeri 4 Cirebon ini.

Kepala Sekolah Bapak Karnadi menjelaskan, tradisi kegamaan itu membuat sekolah ini sering juara dalam berbagai lomba, khususnya yang terkait dengan keagamaan. “Kendati beberapa lomba akademis lainnya sekolah kami juga pernah juara. Seperti story telling, poster lingkungan hidup dan lainnya, selain juara umum Popkota selama tiga tahun berturut-turut,” ungkap mantan guru Berprestasi I tingkat nasional ini.

Bagaimana pendapat siswa sekolah di SMP 4? Ketua OSIS Permadi mengaku bangga dan enak sekolah di jalan Pemuda No. 16 Kota Cirebon itu. Pasalnya selain mengajarkan ilmu umum, dirinya juga memperoleh pengetahuan dan pengalaman agama. “Kalau dulu sebelum ke sini saya males sholat, tapi sekarang alhamdulillah mulai rajin, karena disini sering dibiasakan,” akunya. (*)