Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

27 November, 2009

IEDUL ADHA MENDIDIK BERKORBAN

Perayaan Iedul Adha tidak hanya diramaikan penyembelihan hewan kurban. Tetapi kegiatan tersebut untuk mendidik umat Islam agar bisa berkorban dalam hidup ini. Berkorban dilakukan di jalan Allah Swt.

“Dalam perayaan Iedul Adha ini kita harus mengambil pelajaran atas peristiwa Nabi Ibrahim yang mendapat perintah untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Perintah tersebut sebagai bukti keimanan hamba-Nya kepada sang Pencipta. Mau tidak kita berkorban untuk Allah Swt,” tutur Ustadz Arif Syarifuddin, S.Ag dalam ceramah sholat Ied di lapangan SMP Negeri 4 Cirebon.

Sholat Ied di sekolah tersebut dihadiri oleh kepala sekolah, beberapa guru dan ratusan siswa. Kendati gerimis membasahi lapangan sholat Ied namuan para jamaah dengan khidmat mengikuti jalannya acara hingga berakhir.

Menurut Arif, pengorbanan itu jangan hanya diucapkan tanpa ada pembuktian. Sama halnya Iman, kata dia, pengorbanan juga harus diyakini dalam hati, diucapkan dan dilakukan. “Kurban hewan saat Iedul Adha ini merupakan salah satu bentuk perwujudan qurban,” ujarnya. (*)