Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

04 November, 2009

GURU KARYAWAN IKUTI SEMINAR

Guru dan karyawan SMP Negeri 4 Cirebon mengikuti kegiatan seminar tentang sekolah efektif, Selasa (3/11). Kegiatan itu bertempat di Wisma Sunyaragi Kota Cirebon dimulai pukul 10.00 hingga 15.00. Hadir sebagai pembicara adalah Drs H Sugiartono M.Pd.I dan Drs. Idi Saidi MM, pengawas pada Dinas Pendidikan Kota Cirebon.

Kepala SMP Negeri 4 Cirebon Bapak Karnadi S.Pd M.Hum menjelaskan, tujuan diadakannya acara tersebut sebagai upaya untuk perubahan kultur sekolah menuju sekolah yang efektif. Setiap warga sekolah diharapkan mampu memiliki kemampuan kepemimpinan dan motivasi dalam lingkungan pembelajaran.

Sementara itu, Sugiartono mengatakan, tugas utama pendidikan adalah menanamkan kemauan dan memfasilitasi belajar. Pada abad ke-21, kata dia, seorang siswa harus mampu berfikir kritis, memecahkan masalah, inovator, komunikator, kolaborator yang efektif, pembelajar mandiri, menguasai informasi dan media, memiliki kesadaran global, memiliki kecerdasan finansial dan ekonomi.

“Untuk mencapai siswa abad ke-21 tersebut, kita sebagai guru harus melakukan pembelajaran siswa aktif. Siswa diajak untuk berfikir kritis, menemukan pengetahuan sendiri dibantu gurunya. Jadi guru sekarang mengajar jangan hanya ceramah. Salah satu metode belajar yang baik adalah dengan lesson study,” tuturnya di depan guru-guru dan staf tata usaha. (*)