Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

17 Januari, 2010

SISWA BELAJAR DI ALAM TERBUKA

Bermain sambil belajar. Itulah yang dilakukan 144 siswa SMP Negeri 4 Cirebon, Sabtu (16/01). Siswa putera puteri tersebut mengikuti kegiatan outbond di daerah Kuningan yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajatan Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) sekolah setempat, bekerjasama dengan Lembaga Dakwah Bina Siswa Islam (BSI) Kota Cirebon.

“Siswa mengikuti kegiatan outbond ini untuk belajar. Belajar tentang kemandirian, kerjasama, pengendalian diri, ulet, tekun, semangat dan sikap positif lainnya,” tutur panitia outbond yang juga guru PAI Ibu Ayi Nining, S.PdI. Siswa yang ikut, kata dia, adalah mereka yang menjadi anggota ekstrakurikuler remaja masjid sekolah dan siswa yang pernah menjadi peserta lomba Gebyar Muharram belum lama ini. Hadir dalam kegiatan tersebut guru-guru lainnya seperti Bapak Arif Syarifuddin, S.Ag, Ibu Ade Rolinah, S.Pdi, Ibu Efi Sopiah, S.PdI, Bapak Aman, MA, Bapak Drs Akhmad Zaeni dan Bapak Deny Rochman, S.Sos.

Ditempat terpisah, Kepala SMP Negeri 4 Cirebon Bapak Karnadi S.Pd M.Hum mengatakan, pihaknya menyambut baik pelaksanaan kegiatan outbond siswa remaja masjid yang diprakasi oleh guru-guru agama di sekolahnya. Menurutnya, kegiatan outbond memiliki banyak manfaat bagi siswa, karena melalui games outbond siswa akan belajar tentang nilai-nilai positif dalam hidup.

“Kegiatan outbond itu tidak sekadar senang-senang dengan permainan. Tapi permainan itu mengharahkan dan menumbuhkan sikap kita tentang kerjasama, motivasi dan lainnya. Makanya kami menyambut baik kegiatan ini atas prakarsa guru agama disini dengan BSI. Kegiatan seperti ini bisa diprogramkan setiap tahun, seperti outbond guru-guru yang sudah berjalan,” ungkap kepala sekolah yang tidak lama lagi pindah tugas di tempat lain.

Rombongan outbond berangkat dari sekolah pukul 08.00. setelah siswa mengikuti baca Al-Quran berjamaah di sekolah. Sebelum ke lokasi, diadakan upacara pelepasan oleh pembina remaja masjid Bapak Arif Syarifuddin, S.Ag, guru PAI SMP Negeri 4 Cirebon yang baru saja pensiun. Dalam sambutannya, Pa Arif berharap kegiatan outbond gratis tersebut bisa dimanfaatkan oleh siswa dengan baik.

Dengan menggunakan kendaraan angkot dan pribadi, rombongan tiba di lokasi wisata outbond Kuningan pukul 09.00. Dibawah arahan mentor dari BSI siswa secara berkelompok bergantian melakukan permainan, seperti fly fox, jembatan gantung, ayunan, panjat tebing, motor qokart, lempar bola, merayap dan sebagainya. Kendati sempat diguyur hujan, namun seluruh siswa tetap antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga pulang pukul 16.00. (*) (foto-foto outbond bisa dilihat di album facebook pa deni, ketik : deny rochman)