Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

09 Januari, 2010

MASUK SEKOLAH, LANGSUNG PENGAYAAN

Kesibukan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Cirebon dalam dua bulan ke depan akan meningkat. Bayangkan saja, mulai awal masuk sekolah, pada Senin 11 Januari 2010 hingga pertengahan Maret nanti mereka mulai mengikuti program pengajayan Ujian Nasional. Tidak tanggung-tanggung, pengayaan itu dijalani saban hari, dari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 06.00 hingga 07.00.

Segala persiapan untuk pengayaan sudah dilakukan. Mulai dari pembentukan panitia, musyawarah orangtua, penyusunan modul mata pelajaran hingga jadwal pelaksanaan. Penggandaan naskah soal pra tes dan modul sudah diperbanyak oleh Pa Darsono, tata usaha bagian printing. Ujian nasional rencananya akan dilaksanakan mulai 29 Maret hingga 1 April 2010.

Selama dua bulan pengayaan, siswa akan dibimbing oleh guru-guru mata pelajaran yang di-UN-kan. Mereka adalah Bapak Teddy Mardiyanto, S.Pd dan Ibu Pipih Rostiatih, S.Pd (matematika), Ibu Ipah Latifah, S.Pd dan Ibu Suhartinah, Amd.Pd (Bahasa Indonesia), Ibu Yeti Heryati, S.Pd dan Ibu Tayanti Dewi Utari, S.Pd (Bahasa Inggris), Bapak Ahmad Farhan Amin, S.Pd dan ibu Laesah Mukti (IPA).

Kepala SMP Negeri 4 Cirebon Bapak Karnadi S.Pd M.Hum mengatakan, awal pengayaan selama tiga hari, siswa akan mengikuti pre tes lebih dulu. Langkah ini untuk memetakan kemampuan setiap siswa di sekolah ini. “Apa yang menjadi kesulitan anak-anak kita dalam mengerjakan soal prediksi ujian nasional, itu yang akan kita bahas dalam pengayaan,” ungkapnya.

Mahasiswa Program Doktor Universitas Pendidikan Indonesia ini mengakui, dalam rentang waktu dua bulan tersebut, persiapan UN tidak bisa mengandalkan hasil dari program pengayaan. Pengayaan hanya salah satu upaya pihaknya untuk mengantarkan siswa didiknya mencapai suksek UN. “Untuk kesuksesan UN siswa bisa belajar dimana dan darimana saja,” tuturnya.