Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

08 Juni, 2009

PANITIA TOUR DATA ULANG SISWA

Panitia Study Tour SMP Negeri 4 Cirebon mendata ulang siswa yang mengikuti kegiatan sekolah tersebut, Senin (1/6). Dari hasil pendataan hasil tercatat hanya 164 dari 900-an siswa kelas VII, VIII dan IX yang menyatakan diri ikut dalam kegiatan akhir tahun tersebut. Sementara sisanya menyatakan ketidakikutannya dengan berbagai alasan, mulai tidak punya uang, temannya tidak ikut hingga alasan bosan karena sering ke lokasi tersebut.

Pendataan siswa peserta tour itu dilakukan dalam tiga ruangan sesuai dengan tiga bus yang akan membawa mereka. Rung pertama yaitu bus satu dipimpin oleh Bapak Agung Mursidi, S.Pd, sedangkan ruang dua yakni bus dua dipimpin koordinator bus Bapak Saoman Wahidin, S.Pd dan ruang tiga didata oleh koordinator bus Bapak Drs Akhmad Zaeni. Dalam kesempatan itu panitia juga membagikan buku pedoman study tour kepada seluruh siswa.

Hasil pendataan terakhir menyebutkan bahwa kelas tujuh yang ikut study tour sebanyak 56 siswa, kelas delapan 43 siswa dan kelas sembilan sebanyak 65 siswa. Sementara guru pembimbing perjalanan sebanyak 12 orang. Jumlah tersebut separo dari jumlah panitia yang terdaftar karena keterbatasan siswa yang ikut tour tahun ini sehingga panitia yang ikut pun dibatasi.

“Biarkan yang panitia yang berangkat 12 orang saja, karena target peserta tour meleset. Ini agar biaya pengeluaran lebih efisien. Selain itu jika guru-guru ikut nanti kesannya guru numpang nebeng tour dengan siswa. Jadi saya putuskan untuk guru-guru dan karyawan nanti ada waktu khusus untuk piknik ke obyek wisata selain outbond,” tutur Kepala Sekolah Bapak Karnadi S.Pd.,M.Hum dalam rapat akhir panitia gabungan, Jumat (29/5).

Dalam kesempatan pendataan terakhir siswa, panitia juga membacakan tata tertib yang harus diikuti oleh peserta tour. Tata tertib itu tertuang dalam buku panduan study tour yang disusun oleh Bapak Deny Rochman, panitia bagian Humas dan Dokumentasi. Dalam buku itu juga tertulis jadwal kegiatan, lokasi obyek wisata, rumah makan, penginapan dan lainnya. (*)