Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

29 Juni, 2009

ORANGTUA TERIMA RAPORT SISWA

Keceriaan ratusan orangtua tidak terbentung ketika diketahui anaknya naik kelas di SMP Negeri 4 Cirebon. Ratusan orangtua mendatangi sekolah setempat untuk menerima buku raport anaknya, Sabtu (27/6).

Prosesi penerimaan siswa tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun berikutnya. Pertama raport yang biasanya diterima oleh siswa langsung, kini harus diterima oleh orangtua siswa. Kedua, siswa terbaik ranking di setiap kelas dan ranking juara umum kelas paralel diumumkan dalam upacara terbuka dilapangan.

Kepala SMP Negeri 4 Cirebon Bapak Karnadi, S.Pd.,M.Hum mengatakan, penerimaan raport oleh orangtua siswa tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sekolah kepada masyarakat.

“Keberhasilan pendidikan anak itu tidak hanya tanggung jawab guru. Guru itu hanya diserahi tanggung jawab untuk mendidik anak. Maka perlu ada komunikasi antara orangtua dan sekolah. Dengan pembagian raport oleh orangtua itu diharapkan ada komunikasi yang sehat antara kita dengan mereka,” ungkap kepala sekolah yang akrab dipanggil Pak Iding ini.

Sebelum pembagian raport, seluruh siswa dikumpulkan di halaman sekolah. Kepala sekolah memberikan sambutan singkat sekaligus mengumumkan siswa terbaik tingkat sekolah untuk kelas VII dan kelas VIII. Setelah diumumkan, giliran orangtua menerima raport dari waki kelas masing-masing di dalam kelas.