Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

04 Juli, 2018

TEGANG, MENANTI PENUTUPAN PPDB JALUR NILAI

Ketegangan melanda suasana pikiran orangtua calon siswa baru. Sejak Senin hingga Rabu pendaftar jalur nilai SHUSBN masih melototi website resmi PPDB Kota Cirebon. Tercatat, untuk pendaftar jalur UN pendaftar dalam kota di SMP Negeri 4 Kota Cirebon sebanyak 88 orang. Sementara pendaftar dari luar kota jalur UN masih dibawah jumlah pendaftar dalam kota.

Untuk jalur nilai daya tampung sekolah masing-masing sebanyak 43 orang untuk jalur kota dan luar kota. Hingga hari terakhir pendaftaran jalur SHUSBN nilai terendah dalam kota 261,90. Sementara untuk jalur luar kota nilai terendah diangka 244,34. Hasil seleksi sementara akan diumumkan Kamis 5 Juli 2018.

Sedangkan hingga hari ketiga untuk jalur zonasi jarak terjauh adalah 1,7 Km dengan jumlah pendaftar mencapai 234 orang. Daya tampung siswa baru di sekolah jalan pemuda ini adalah 173 anak. Passing grade jarak tersebut akan terus berkurang seiring bertambahnya jumlah pendaftar limpahan dari jalur SHUSBN yang gagal diterima. 

Pendaftaran zonasi lebih panjang hingga 9 Juli mendatang. Sementara jalur nilai hingga tanggal 4 Juli. Seluruh pengumuman final semua jalur seleksi akan disampaikan online pada 10 Juni 2018. Pendaftaran ulang akan dilakukan 10-14 Juli 2018. Seluruh siswa baru yang diterima mulai masuk sekolah pada hari Senin 16 Juli 2018. 

Hari ketiga PPDB online jumlah pendaftar jauh lebih sedikit. Namun ketegangan kian memuncak, khususnya mereka yang sudah tersisih nilanya dari jalur kota atau zonasi. Mereka buru-buru pindah pilihan sekolah sesuai besaran nilai dan ada juga berpindah jalur ke luar kota. Jalur ini jumlah pendaftarnya relatif sedikit.

Semakin mendekati waktu penutupan jam 2 siang, jumlah pendaftar terus meningkat. Mereka datang siang karena harus berburu surat validasi data dari Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Jika hingga jam 2 pas tak selesai berifikasi, maka akses online akan terhenti. Satu orangtua siswa mengalami nasib nahas sehingga harus kembali ke dinas untuk verifikasi di sana. (PaDE)