Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

06 Juli, 2018

PENGUMUMAN PPDB, ORTU SIBUK MOTRET

Kamis 5 Juli 2018 menjadi hari tak terlupakan. Paling tidak bagi ratusan orangtua calon siswa baru SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Hari itu ada yang menang, ada juga yang menangis. Sedih. Mereka yang menang karena anaknya dinyatakan lolos diterima sekolah tersebut. Yang menangis, karena belum beruntung diterima PPDB jalur kompetitif SHUSBN.

Yah, Kamis kemarin adalah waktu pengumuman penerimaan calon siswa baru SMP Negeri di Kota Cirebon. Kendati bisa diakses secara online, namun puluhan orangtua tetap beramai-ramai mendatangi sekolah, termasuk di SMP Negeri 4 Kota Cirebon.

"Pak data nama-nama 43 siswa yang di internet itu sudah final yah yang diterima di SMP 4. Kan ga akan ada perubahan lagi kan," tanya sejumlah orangtua penuh ragu kepada panitia PPDB sekolah setempat. Pihak panitia membenarkan pertanyaan orangtua tersebut. Untuk meyakinkan mereka lembar pengumuman pukul 10.00 dipasang dipapan dengan sekolah.

Keraguan orangtua memang wajar. Maklum daya tampung jalur SHUSBN baik kota maupun luar kota cukup terbatas. Masing-masing hanya 43 siswa. Itu pun dengan rata-rata nilai yang memadai. Berbeda dengan jalur rumah terdekat (zonasi) daya tampung mencapai 173 siswa. Tentu saja pendaftarnya pun penuh sesak.

Diterbitkannya hasil seleksi jalur nilai disambut penasaran oleh orangtua. Benarkah nama anaknya ada, seperti yang tercantum dalam website PPDB Kota Cirebon? Perasaan itu muncul karena sistem serupa tak dijumpai pada PPDB tahun sebelumnya. Perubahan sedikit sistem ini membuat tak sedikit orangtua kecele.

"Alhamdulillaaah... Nama anak saya ada di papan pengumuman. Saya mau daftar ulang kemana dan kapan. Apa saja yang perlu saya bawa." Lagi-lagi orangtua bertanya tidak sabar untuk memastikan kabar gembira itu bukan mimpi di siang bolong. Untuk meyakinkan lagi, mereka rame-rame memotret hasil seleksi PPDB di papan pengumuman.

Sesuai jadwal, registrasi calon siswa baru yang lolos secara serentak dilakukan pada 10-14 Juli 2018. Untuk SMP Negeri 4 memberikan kesempatan awal registrasi pada siswa baru jalur prestasi dan UN pada 10 Juli 2018. Mereka cukup membawa lembar bukti pendaftaran online yang sudah diverifikasi oleh panitia PPDB sekolah setempat. Selamat bagi yang lolos. Syukuri... (HumaSpenpat)