Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

11 Juli, 2018

SEPAK BOLA BAKAL JADI ICON BARU KOTA CIREBON

SMP Negeri 4 Kota Cirebon dan akademi Bina Sentra Putra (BLiSPI) mengikat janji bersama. Mereka sepakat membina dan memajukan prestasi olahraga cabang sepak bola dan futsal di sekolah tersebut. Secara resmi kedua belah pihak teken nota kesepahaman disaksikan oleh Dinas Pendidikan Kota Cirebon dan Kemenpora, Selasa (10/7).

Perjanjian kerjasama ditandatangani oleh pihak pertama dari kepala sekolah Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si dan pihak kedua Subagja Suihan, ketua Bina Sentra Putra (BLiSPI) bermarkas di Kedawung Cirebon. Kadisdik Drs H Jaja Sulaeman M.Pd dan Deputi III Kemenpora DR Raden Isnanta MPd ikut meneken tiga lembar dokumen perjanjian.

"Para pihak sepakat bahwa perjanjian kerja sama yang diadakan didasari oleh keinginan untuk saling membantu, menguntungkan dan memajukan dunia olahraga sepak bola di SMP Negeri 4 Kota Cirebon khususnya dan Kota Cirebon pada umumnya," demikian salah satu maksud tujuan nota kesepahaman tertulis.

Point lainnya, 14 anak binaan BLiSPI masuk ke SMP 4 melalui jalur prestasi. Untuk mendukung pembinaan prestasi olahraga, pihak BLiSPI akan membantu fasilitasi pembangunan sarana olahraga seperti gedung olahraga dari Kemenpora.

Kepala SMP Negeri 4 Kota Cirebon Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si mengatakan, seluruh anak-anak BLiSPI sudah melalui mekanisme seleksi PPDB. Pihaknya berharap MoU ini akan memberikan dampak positif bagi prestasi olahraga di sekolahnya.

Deputi III Pembudiyaan Olahraga Kemenpora DR Raden Isnanta, M.Pd mengatakan, prestasi sepak bola akan menjadi icon baru bagi Kota Cirebon. Cirebon sebagai bagian dari Jawa Barat memiliki potensi sepak bola yang luar biasa. Seperti Brazil, sepak bola sudah melekat dalam masyarakat Indonesia.

"Icon Cirebon nanti tak hanya empal gentong, terasi, nasi lengko atau nasi jamblang dan batik. Ke depan sepak bola bisa menjadi icon baru karena di kota ini akan banyak lahir pemain-pemain hebat berprestasi," harap Deputi berkacamata ini yang bersyukur kelas olahraga masa Dirjen Kemdikbud Indra Djati masih ada di SMP 4.

Raden Isnanta berpesan, SMP 4 sudah harus berfikir Go Internasional. Dengan prestasi sepak bola yang ditoreh anak-anak BLiSPI yang sekolah di sini nama SMP 4 akan berkibar di berbagai daerah dan negara. Konstum yang akan dikenakan pemain akan ada logo SMP4.

"Sekarang SMP 4 mikiri Go International. Icon Cirebon tak hanya kuliner dan batiknya tapi juga prestasi olahraganya. Kelak nama sekolah ini akan dikenal luas dari prestasi sepak bola anak didiknya. Tunjukan dulu prestasinya, penghargaan akan mengikutinya," papar Deputi disambut tepuk tangan hadirin para pemain, guru, pelatih dan orangtua anak. (humaSpenpat)