Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

30 Oktober, 2018

PEMUDA MENGHADAPI DUA MATA PISAU PERUBAHAN

Pemuda jaman sekarang menghadapi dua mata pisau dampak dari perkembangan teknologi informasi. Di satu sisi teknologi membawa dampak positif tapi disisi lain membawa perubahan negatif. Maka diperlukan pemuda-pemuda yang berkarakter menghadapi perubahan tersebut.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam sambutannya memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Indonesia. Sambutan tersebut dibacakan oleh Pembina Upacara Pak Wahyono pada upacara Sumpah Pemuda di SMP Negeri 4 Kota Cirebon, Senin (29/10).

Dalam amanat pembina upacara Wahyono yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga menegaskan pentingnya peran pemuda dalam mengubah dunia. Namun peran pemuda tersebut akan dihadapkan tantangan akibat dampak negatif perkembangan teknologi informasi.

"Perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi, namun pada sisi lain mempunyai dampak negatif, informasi-informasi bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme," paparnya.

Menurut mantan Wakasek Kurikulum ini, mengutip sambutan Menpora, revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggu mu. Berjuanglah. Lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita. Pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," serunya. (HumaSpenpat)