Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

18 Februari, 2019

508 SISWA MAINKAN TARIAN NUSANTARA

SMP Negeri 4 Kota Cirebon kembali punya hajat besar. Sebanyak 508 siswa sekolah ini memainkan tarian nusantara secara kolosal, Sabtu (2/2) kemarin. Menariknya, acara Resital Seni Budaya tradisi tahunan ini tak hanya tarian yang disuguhkan tetapi juga bazar kuliner dan pameran pendidikan karya siswa. Wakil Wali Kota Cirebon Dra Hj Eti Herawati pun tampil memenuhi tantangan membaca puisi salah satu karya siswa sekolah ini berjudul Pendidikan Karakter. Bunda literasi ini memuji kreasi seni anak-anak binaan Kepala Sekolah Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si.

Tarian kolosal disaksikan banyak mata yang melihat. Selain Wakil Wali Kota yang membuka acara, juga hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs Adin Imaduddin. Dewan Pendidikan, pengawas, komite sekolah, sejumlah kepala sekolah SMP dan undangan lain. Mereka menikmati betul berbagai tampilan dari satu tarian ke drama lainnya. Penonton sejak pagi pukul 07.00 hingga pukul 14.00 tak mau beranjak dari tempat duduknya di area lapangan olahraga sekolah setempat.

"Kegiatan resital ini sebagai ajang uji kompetensi siswa kelas IX. Selain media pembelajaran pendidikan kewirausahaan anak-anak kelas VIII dengan membuka stand bazar kuliner. Dengan resital ini diharapkan akan menumbuhkan katakter positif anak. Belajar disiplin saat latihan, bekerjasama, sabar, menghargai dan juga ikut melestarikan seni budaya daerah khususnya daerah Cirebon," tutur Kepala SMP Negeri 4 Kota Cirebon Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si didampingi Ketua Panitia Resital Deny Rochman, S.Sos., M.Pd.I disela kegiatan.
Perhelatan akbar event seni budaya ini mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak. Pasalnya selain tarian kolosal melibatkan seluruh siswa kelas IX, juga melibatkan sejumlah sanggar seni dan para perias salon di Kota Cirebon. Dua diantara apresiasi itu disampaikan oleh orang nomor dua di Kota Cirebon, Wakil Wali Kota Cirebon Dra Hj Eti Herawati dan dari pihak Dinas Pendidikan. Dalam kesempatan itu, kepala sekolah bersama wakil wali kota melauching buku perdana kumpulan puisi siswa dan guru berjudul Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya: Senandung Puisi untuk Pendidikan.

"Saya apresiasi kepada Kepala SMP Negeri 4 Kota Cirebo ibu Sumiyati atas terselenggaranya acara resital ini. Ini memberikan kontribusi besar bagi pendidikan di Kota Cirebon, karena pendidikan di kota ini menjadi rujukan bagi pendidikan daerah lain khususnya di wilayah Ciayumajakuning. Dengan resital ini tak hanya melestarikan kesenian daerah tetapi dengan kesenian sebagai perekat kebersamaan para siswa," tutur Hj Eti Herawati yang mengaku kagum dengan talenta anak-anak sekolah ini.
Sementara itu Sekretaris Disdik Drs Adin Imaduddin berharap dengan kegiatan resital akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi siswa. Pihaknya mengapresiasi upaya sekolah dalam menggelar perhelatan seni budaya akbar. Menurutnya kegiatan ini bagian dari proses belajar anak. Jangka panjang mereka akan mencintai dan melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia ditengah gempuran budaya asing efek negatif globalisasi.
Dalam resital seni budaya tahun pelajaran 2018-2019 ditampilkan 12 tarian dan drama. Tampilan tersebut antara lain sintren, jaka tarub, baridin dan ratminah, tarian nusantara, kecak asmarandana, drama cahya sumirat, tari gayatri dan naraya. Selain itu ada juga drama tangkuban perahu, sendratari roro jonggrang, drama situ bagendit, dan drama lainnya. (*)