Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

10 November, 2018

TIM PPK DISAMBUT TARIAN TOPENG BERKARAKTER

SMP Negeri 4 Kota Cirebon kembali mendapat kunjungan dari tim Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kemdikbud, Jumat (9/11). Kunjungan kali ketiga ini untuk melakukan monitoring dan review pelaksanaan PPK di SMP4 sebagai sekolah rintisan.

Pelaksanaan pembinaan PPK dipusatkan di ruang multi media sekolah setempat. Sejumlah guru hadir sebagai guru pencontohan ber- RPP karakter. Jam pertama KBM petugas monev Leli Alhapip melakukan supervisi di kelas Dra Rodianah, M.Pd. Guru Bahasa Indonesia ini mengajar di kelas 7.E.

Dalam acara di ruang multi media, tim monev disambut dengan tarian topeng karakter yang dibawakan oleh Puji kelas 9.K. Sambutan disampaikan Kepala SMP Negeri 4 Kota Cirebon Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si. Dilanjutkan oleh pengawas pembina Drs H Saidi MM. Selanjutnya pengarahan dan tanya jawab oleh tim PPK.

Tarian topeng klana adalah satu dari lima jenis tarian Cirebon lainnya. Topeng klana menggambarkan jiwa angkara murka manusia yang ambisi kekuasaan dan keduniaan.

Jenis tarian topeng lainnya adalah topeng panji. Topeng berwarna putih susu ini fase usia bayi.

Tarian lainnya berjenis samba berwarna putih tulang dengan sifat anak-anak yang lincah. Selanuutnya tarian topeng rumyang dengan sifat remaja berwarna merah jambu. Topeng temunggung merah jingga adalah masa manusia lagi mencari jati diri. (HumaSpenpat)