Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

28 September, 2018

SERU, KEMAH BUKA DAPUR UMUM DAN KAFE TENDA

Kemah Pramuka sudah biasa setiap tahunnya bagi SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Namun kemah tahun ini berbeda dari kegiatan kemah-kemah sebelumnya. Tahun ini terasa rempong, namun begitu seru kebersamaanya. Setiap panitia bersama wali kelas bahu membahu menyukseskan acara tahunan tersebut.

Kok rempong? Yup. Perjusami tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Selain kepala sekolah getol turu ke bawah, kerja panitia lebih sibuk. Lihat saja, untuk penyediaan konsumsi anak-anak selama kemah panitia membuka dapur umum. Dapur ini dikelola guru-guru panitia bagian konsumsi.

Guru-guru terlihat menikmati perannya membantu logistik anak-anak. Sambil bercerita dan senda gurau membungkus satu demi satu makanan. Hari pertama, menu makanan dengan ayam goreng dan lalapan. Hari kedua, pagi telor dengan bihun. Siang capcay dengan bistik ayam, goreng tahu. Hari ketiga menunya nasi uduk. Setiap makan selalu ditemani krupuk udang.

Tim logistik ini beberapa pekan sebelumnya sibuk berbelanja. Belanja beras beberapa karung, kerupuk, bihun dan lainnya. Pas hari H panitia menyiapkan ratusan telor ayam, daging ayam dan daging sapi.  Semua bahan kuliner tersebut diracik oleh juru masak berpengalaman.

"Konsumsi kemah kita siapkan dapur umum. Ini biasa saya lakukan di sekolah sebelumnya. Alhamdulillah banyak manfaatnya. Menunya lebih bergizi dan higienis karena kita yang belanja dan masak sendiri. Siswa dan guru-guru bisa makan minum sesuai selera. Lebih bebas," tutur Kepala Sekolah Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si disela membantu persiapan bahan makanan.

Tak hanya dapur umum, panitia juga membuka lapak kantin siswa di lokasi kemah. Mereka menamai lapaknya kafe tenda. Panitia unit usaha ini bertempat dipojok perkemahan. Menu jajananannya selera anak-anak yang biasa mereka makan di sekolah. Hanya saja dalam pengelolaannya lebih terkontrol sehingga meminimalisir efek negatif pada anak.

Keunikan lain di kemah tahun ini ada acara readathon. Membaca buku non pelajaran secara senyap dan massal dilakukan peserta kemah. Sesuai jadwal readathon dilaksanakan Sabtu pukul 06.00. Secara massal dilapangan anak-anak membaca dan mempresentasikan buku bacaanya. (HumaSpenpat)