Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

28 September, 2018

RATUSAN SISWA KEMAH PERJUSAMI

Ratusan siswa SMP Negeri 4 Kota Cirebon mengikuti kemah Pramuka Perjusami. Kemah siswa kelas VII tersebut berlangsung 28-30 September 2018 di Bumi Perkemahan Prima Resort Kuningan.   Pembukaan kemah langsung oleh Kepala Sekolah Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si.

Kepala Sekolah menegaskan, bahwa kegiatan perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami) adalah bagian dari penguatan pendidikan karakter siswa. Seperti dalam pembacaan Dasadarma Pramuka mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Itu semua termuat dalam kurikulum 2013.

"Pramuka itu bagian dari kurikulum 2013 khususnya di dalamnya ada pendidikan karakter. Terlihat dari  Dasadarma Pramuka, hal itu yang akan kalian dapatkan dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari," tutur Hj Sumiyati dalam sambutannya di depan ratusan peserta kemah Perjusami, Jumat (28/9).

Kepala sekolah menyebutkan salah satu sila Dasa Dharma Pramuka. Seperti Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, dan seterusnya. Sepuluh sila tersebut mengandung nilai-nilai pendidikan karakter.

"Materi kegiatan bermanfaat semua. Maka kalian agar konsen mengikuti seluruh rangkaian acara. Kalian harus mematuhi tata tertib. Ketika harus beristirahat maka istirahatlah. Kakak berharap semua berjalan lancar tanpa kendali.  Siap?" ujar kepala sekolah disambut teriaka siap peserta kemah.

Para peserta kemah, siang sebelumnya berkumpul di sekolah pukul 10.00. Selepas sholat Jumat mereka berangkat menuju lokasi kemah dengan 18 angkutan elf. Menariknya, selama kemah konsumsi disiapkan melalui dapur umum dengan juru masak dan panitia guru-guru. (HumaSpenpat)