Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

03 September, 2018

MENTRADISIKAN KHATAMAN AL QUR'AN

Pembiasaan khatam Al Qur'an terus digalakan di lingkungan SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Kali ini dilakukan para siswa kelas VIII.C, Sabtu (1/9) lalu. Minggu depan rencananya siswa kelas VIII.H. Secara bergilir setelah siswa kelas VIII melakukan kegiatan serupa.

"Kegiatan khatam Al Qur'an ini bagian dari program keagamaan sekolah. Khususnya bagi siswa yang saya ajar VIII.A sampai VIII.i. Sebelumnya dua tahun lalu kegiatan serupa sudah berjalan," tutur Hj Efi Sofiah, S.Pd.I, guru PAI disela kegiatan khatam.

Khataman yang bertempat di ruang kelas VIII.C.tersebut seluruh peserta duduk bersimpuh. Selain guru PAI, hadir guru Wali Kelas VIII.C Pipih Rostiatih, S.Pd dan komite kelas. Usai khataman seluruh peserta menikmati hidangan istimewa sebagai bentuk rasa syukur.

Menurut Hj Efi, pada awalnya pihaknya berniat membrantas buta aksara Al Qur'an. Kegiatan sudah tiga tahun itu dilakukan dengan cara tutor sebaya. Siswa yang sudah bisa bertadarus dengan tutor sebaya. Hal itu untuk meyakinkan kepada mereka betapa pentingnya bisa baca Al Qur'an.

"Dalam proses perjalanannya pemberantasan buta huruf Al Quran, saya berfikir mengapa tidk sekalian diajarkan khataman sebagai salah satu akhir dr pembacaan Al Qur'an," tutur Hj Efi didampingi Wali Kelas VIII.C Pipih Rostiatih, S.Pd bahwa kendalanya keadaan anak yang berbeda ada satu anak yang sekali mengaji 10 ayat ada yang sampe 20 ayat bahkan ada yang lima ayat. (HumaSpenpat)