Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

03 September, 2018

HAFAL YEL-YEL DISAWER 100 RIBU

Ada keceriaan lain dari guru-guru SMP Negeri 4 Kota Cirebon diawal pekan September. Gara-gara hafal yel-yel empat pendidikan karakter, dua orang guru mendapatkan sawer masing-masing Rp50 ribu. Siapakah yang nyawer? Kejutan. Dia adalah pengawas Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs H Idi Saidi, MM.

Kok bisa? Begini ceritanya. Senin pagi usai upacara guru-guru ada jadwal brifing. Kegiatan rutin saban senin pagi usai upacara. Nah pagi itu ada sesi pembinaan dari pengawas H Saidi didampingi Kepala Sekolah Hj Sumiyati, S.Pd., M.Si. Dalam materinya, wong asli Cirebon ini menekankan pentingnya guru membuat RPP dalam setiap mengajar.

"Salah satu tugas guru ya harus membuat RPP.  Silahkan gak apa-apa download di internet asal nanti disesuaikan dengan kondisi di SMP 4. Pastikan RPP-nya yang berbasis pendidikan karakter. Coba ada yang hafal ga gerakan yel-yel pendidikan karakter? Silahkan maju ke depan," tanya H Saidi dengan penuh semangat.

Tantangan pengawas pembina itu disambut dingin oleh guru-guru. Semua membisu seolah gak paham yang dimaksud pengawas itu. Suasana mulai riuh redam saat H. Saidi mengeluarkan jurus mautnya. "Siapa yang bisa ke depan akan dikasih duit Rp50 ribu," tandas H Saidi yang disambut tepuk tangan.

Guru pertama yang maju adalah Yeti Heryati, S.Pd. Melakukan gerakan yel-yel bagi guru Bahasa Inggris ini tak sulit. Pasalnya, sebelumnya ibu dua anak ini pernah mengisi materi workshop guru di sekolah setempat dengan selingan materi yel-yel tersebut. Setelah tampil, glotak duit Rp50 ribu diberikan.

Belum puas tampilan Yeti, guru lainnya penasaran tampil. Guru olahraga Atep Kosasih, S.Pd menjawab tantangan pengawas. Akhirnya lolos uji nyali yel-yel pendidikan karakter yang menyangkut empat aspek yaitu nasionalisme, mandiri, gotong royong dan religius. (HumaSpenpat)