Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

15 Mei, 2011

DUA HARI DIBEKALI ILMU JURNALISTIK

Dua hari satu malam, Sabtu dan Minggu (14-15/5) calon anggota Majalah Dinding Demofat-News SMP Negeri 4 Kota Cirebon dibekali ilmu jurnalistik. Sebanyak 40 siswa sekolah ini mendapatkan ilmu jurnalistik dari nara sumber ahlinya. Sebagai nara sumber adalah dua wartawan Radar Cirebon, guru Bahasa Indonesia dan guru Pembina Mading. Mereka masing-masing memberikan materi tentang teknik menulis berita, cara memotret, menulis kreatif dan sejarah jurnalistik sekolah.


Dua wartawan Radar Cirebon adalah Bapak Iman Sudarman (Koordinator Liputan) dan Bapak Yuda (fotografer). Sementara dari guru Bahasa Indonesia disampaikan oleh Ibu Ipah Latifah, S.Pd dan guru pembina mading adalah Bapak Deny Rochman, S.Sos. Pelatihan jurnalistik tersebut sebagai prasyarat siswa yang ingin menjadi anggota mading sekolah demofat-news.

Pelatihan dua hari tersebut dibagi dalam dua sesi. Hari pertama siswa diberikan teori tentang dunia jurnalistik dan kemampuan menulis. Keesokan harinya siswa secara berkelompok dipandu panitia melakukan hunting praktek lapangan menulis berita dan memotret obyek. Rute yang ditempuh adalah kawasan Perumahan Pembangunan melintas perkampungan di Karangjalak. Obyek yang dibidik adalah gedung dan bangunan, alam, manusia serta obyek lainnya yang dipandang menarik.

Tidak hanya kemampuan dasar jurnalistik, mental siswa juga ditempa. Selama pelatihan siswa didik untuk disiplin: disiplin waktu, disiplin ibadah, disiplin belajar di ruang pelatihan, dan disiplin taati peraturan yang ada. Pada tengah malam seluruh siswa harus menjalani uji mental melalui jerit malam yang diadakan oleh panitia. Kondisi peserta yang kurang tidur tidak menyurutkan mereka untuk praktek lapangan keesokan harinya. Diakhir kegiatan dipilih peserta terbaik dan mendapatkan hadiah menarik dari guru pembina Mading Bapak Deny Rochman, S.Sos. (*)