Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

17 Februari, 2010

BANGUN SISTEM PENGAWASAN SISWA

Sebagai sekolah favorit, SMP Negeri 4 Cirebon terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah membangun sistem pengawasan terpadu terhadap siswa via SMS (wasits), baik oleh guru maupun orangtua. Untuk menjalankan sistem itu, pihak vendor sistem melakukan sosialisasi kepada guru-guru dan karyawan di sekolah setempat, kemarin (16/2).
“Sistem ini akan memberikan informasi secara umum kepada masyarakat akan fasilitas dan segala kegiatan sekolah, dan informasi secara khusus kepada murid & orang tua/wali, tentang kegiatan belajar-mengajar siswa di sekolah secara up-to-date melalui website dan SMS,” tutur petugas yang presentasi.

Menurutnya, dalam sistem ini informasi terbagi menjadi dua yakni khusus (internal) dan umum (eksternal). Informasi khusus digunakan oleh guru dan orangtua melalui login dan SMS (short massage system) , baik melalui handphone ataupun internet tentang kegiatan belajar mengajar siswa. Sementara untuk informasi umum diperuntukkan bagi masyarakat umum melalui informasi dalam bentuk website sekolah.

“Orangtua akan tahu tentang kehadiran siswanya di sekolah, jadwal ujian, kegiatan sekolah hingga hasil ulangan harian atau ulangan semester. Semua informasi sekolah tersebut bisa diperoleh cukup melalui SMS,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Bapak Deny Rochman, S.Sos menyambut baik penerapan teknologi informasi sistem sekolah tersebut. Menurutnya, sistem ini mendukung dalam membangun manajemen sekolah yang transparan, akuntabilitas dan profesional kepada masyarakat. "Dengan sistem ini guru bisa bekerja profesional, orangtua dengan mudah mengakses informasi sekolah, siswa pun bisa tahu nilainya. Jadi mudah-mudahan orangtua tidak keberatan dengan sistem ini," tuturnya. (*)