Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

21 Desember, 2009

TIGA EKSKUL KEMAH BERSAMA

Tiga kegiatan ekstrakurikuler menggelar acara kemah bersama selama dua hari, Sabtu dan Minggu (19-20/12). Tiga ekskul itu masing-masing jurnalistik mading (demofat-news), pramuka dan PMR bertempat di sekolah setempat, SMP Negeri 4 Cirebon. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai media pengukuhan calon anggota menjadi anggota ketiga ekskul tersebut.

Semula, kegiatan kemah pengukuhan anggota ekskul tersebut direncanakan akan diikuti seluruh ekskul yang ada di sekolah tersebut sebanyak 12 ekskul. Sayangnya, padatnya kegiatan sekolah membuat rencana baru tersebut batal dilaksanakan karena berbagai faktor. Hanya tiga ekskul yang berinisiatif menggelar kegiatan bersama, maka kemah pengukuhan hanya dilakukan di sekolah.

Pembukaan kemah bersama dimulai pukul 14.00 di lapangan sekolah. acara dilanjutkan di masing-masing ekskul. Untuk ekskul jurnalistik mading, calon anggota sebanyak 30 siswa mengikuti pelatihan jurnalistik dasar. Pelatihan itu merupakan bentuk pengukuhan terhadap anggota baru.

“Untuk menjadi anggota mading, siswa harus menguasai materi jurnalistik, maka mereka wajib mengikuti acara ini. Setelah selesai acara, seluruh peserta dikukuhkan menjadi anggota mading,” tutur Bapak Deny Rochman, S.Sos, guru pembina Mading yang menambahkan bahwa peserta pelatihan 99 persen dari siswa kelas tujuh.

Acara yang digelar dua hari satu malam tersebut, berjalan di masing-masing ekskul. Hanya beberapa materi, seperti senam, sholat, pembukaan dan penutupan dilaksanakan bersama. Untuk PMR dan Pramuka, diakhir kegiatan ditutup dengan kegiatan wide game di daerah pesawahan tidak jauh dari sekolah. sementara untuk jurnalistik, calon anggota ditugasi untuk meliput berita dan foto kegiatan ekskul Pramuka dan PMR. (*)