Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

09 Juli, 2009

SMP NEGERI 4 DISERBU MASYARAKAT

Pagi di SMP Negeri 4 Cirebon masih terlihat lengang. Namun pada siang hari pukul 12.00 satu demi satu orangtua siswa mendatangi sekolah tersebut. Paling sedikit 400 orang memadati halam sekolah di jalan pemuda itu. Ada apa?

Hari itu Rabu 9 Juli 2009 merupakan hari penting bagi orangtua yang melanjutkan pendidikannya di sekolah negeri di Kota Cirebon. Yah, ratusan orangtua dan wali murid mendatangi SMP 4 untuk mengetahui pengumuman hasil nilai seleksi ujian masuk di sekolah itu.Apakah anaknya masuk atau tidak.

Sebenarnya mereka datang sudah mulai dari pagi, karena informasi semula pengumuman itu biasanya disampaikan pagi sekitar pukul 08.00. Namun panitia PSB setempat menyampaikan pemberitahuan bahwa pengumuman disampaikan pada siang hari pukul 13.00.

Siang itu ratusan kendaraan baik motor maupun mobil sudah memadati halaman sekolah. Baru pukul 13.00 seluruh orang bergerak berhamburan menuju lapangan bola basket sekolah setempat. Secara bergerombol mereka berkerumun diempat titik dimana pengumuman hasil tes terpasang.

“Sengaja kita pasang ditempat terbuka dan luas serta dibanyak tempat. Ini untuk menghindari pemusatan massa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Bapak Sukandi panitia PSB.

Setelah orangtua siswa tahu bahwa anaknya diterima dan tidak mereka menyerbu meja panitia PSB untuk mengambil surat keterangan diterima dan atau mengambil berkas pendaftaran bagi mereka yang tidak diterima. Untuk daftar ulang siswa diterima cukup membawa surat keterangan diterima dan syarat-syarat administrasi lainnya seperti nilai UASBN, STTB, foto dan lainnya.

Tahun ini SMP 4 mematok passing grade sebesar 57,68. Bagi mereka yang nilainya dibawah itu harus bersiap beralih ke sekolah pilihan kedua atau swasta sekalian. Bagi mereka yang diterima akan mendaftar ulang pada hari Jumat dan Sabtu, 10-11 Juli 2009. Siswa baru harus masuk Senin 13 Juli untuk mengikuti kegiatan masa orientasi. (*)