Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

05 Juli, 2009

590 CALON SISWA BARU HADAPI TES

Sebanyak 590 calon siswa baru SMP Negeri 4 Kota Cirebon menghadapi tes seleksi tertulis di sekolah setempat, Sabtu (4/7). Ujian masuk sekolah negeri itu serempak dilakukan se- Kota Cirebon, baik yang melanjutkan ke SMP maupun SMA Negeri di Kota Udang tersebut.

Ada tiga mata pelajaran yang diujikan dalam ujian masuk tahun ini yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Jumlah soal keseluruhan sebanyak 60 soal. Hasil nilai tes tulis diambil 50 persen untuk menambahkan nilai 30 persen UASBN dan 20 nilai prestasi, bagi yang memilikinya. Jika tidak maka siswa tersebut hanya mengandalkan UASBN dan tes tulis masuk.

Sementara itu jumlah kuota kelas untuk tahun ini 360 siswa untuk mengisi sembilan kelas dengan jumlah per kelas sebanyak 40 anak. Sedangkan siswa sisanya yang tidak masuk ke sekolah berbasis agama ini harus memilih ke sekolah negeri pilihan kedua atau ke sekolah swasta.

Sejak pagi, siswa SD/MI ini sudah mendatangi setiap ruang kelas SMP Negeri 4 Cirebon. Mereka datang rata-rata diantar oleh orangtuanya hingga di luar kelasnya. Namun ketika ujian berlangsung orangtua siswa tidak berkenan di berada di sekitar kelas namun harus berada di depan halaman sekolah.

Jumlah siswa tersebut terbagi dalam 30 ruang kelas, yang sebagian besar di sekolah jalan pemuda No. 16 itu. Sebagian kecil menempati ruang kelas SMK Veteran Kota Cirebon yang tidak jauh berbeda.

Soal yang selesai dikerjakan calon siswa baru tersebut akan dikoreksi oleh pihak Dinas Pendidikan. Hasil pengumuman akan disampaikan ke publik pada 9 Juli 2009. Bagi mereka yang diterima harus mendaftar ulang (registrasi) pada 10-11 Juli 2009 pukul 08.00-14.00 di sekolah tujuan. (*)