Selamat Datang di web unit kegiatan siswa Jurnalistik Sekolah "Demofat-News" SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Media publikasi Jurnalistik Sekolah ini berupa Mading, Facebook (Kabar SMP 4 Cirebon) dan Blog (demofat-news.blogspot)

13 Maret, 2009

SISWA JUALAN DI KELAS











Beberapa siswa SMP Negeri 4 Kota Cirebon sibuk berjualan di dalam kelas. Sambil keliling mereka menjajakan barang dagangannya dari meja ke meja temannya. Ada yang jualan bolu coklat, mie goreng, brownis, piscok dan lainnya. Siswa lainnya berebut membeli barang-barang dengan harga promos itu. Untuk daya tarik, Ravi, salah satu siswa yang berdagang nekat menawarkan door prize bagi siswa yang membeli mie gorengnya.

“Ini buat daya tarik pembeli pak!” tutur Revi sambil menjajakan dagangannya seharga Rp1500 kepada temen-temen kelasnya. Tidak hanya di kelasnya, beberapa siswa yang jualan juga merambah ke kelas lain. Pasalnya barang dagangannya belum habis terjual karena stoknya terlalu banyak.

Kenapa siswa jualan di dalam kelas? Apakah mereka tidak belajar? “Mereka jualan di dalam kelas justeru karena mereka sedang belajar,” ungkap Pak Deny, guru IPS kelas VII. Nah loh? Menurut guru lulusan sosiologi Unsoed ini, siswa berdagang itu penerapan materi ekonomi tentang produksi, distribusi dan konsumsi. “Agar anak lebih memahami materi, mereka untuk menerapkan ilmunya. Ini implementasi dari pembelajaran contextual teaching learning,” katanya. (*)